Selasa, Mei 13, 2008

Pernah ngerasa gak sih, kalo banyak Partner, atau Senior Manager di Accounting Firm, yang actually did nothing, atau not helping at all dalam proses audit?


Mungkin gak semua sih. Kembali ke pemahaman dan penerapan dari code of ethics dari kantor masing-masing mungkin ya?

Pengalamanku di kantor terdahulu, sang Senior Manager lebih cocok jadi Marketing daripada Auditor. Lebih concern ke jumlah klien, daripada kualitas audit itu sendiri. Sigh ...

Padahal yang namanya team audit itu, termasuk didalamnya Senior Manager plus Partner juga. Bukan hanya sampai Senior saja. Diskusi dan komunikasi intens harusnya berjalan, dan didokumentasikan dalam Minutes of Team Meeting dan Matters for Partner Attention.

Dulu pernah seorang eks Manager di Ernst & Young pernah cuap-cuap mengenai masalah ini (padahal sebenarnya kami tidak sedang membicarakan itu). Dia menceritakan bagaimana kalau di kantornya, dia selalu menyempatkan diri untuk discuss dengan senior auditor dalam teamnya, terlibat dalam field work, pokoknya, berjalanlah diskusi dan komunikasi yang kusebutkan tadi. Nice ...

Kok jadi serius kali tulisanku ini. Hahahhaha ...

Gila ah. Gila ... Okeh. Ada cerita neh. Seorang auditor datang ke toko binatang (toko yang menjual binatang, bukan yang punya toko itu binatang), untuk membeli burung beo. Pemilik toko (yang bukan binatang) menawarkan tiga burung beo yang mirip, mulai berpromosi, "Yang sebelah kiri, harganya lima juta."

"Wah, kenapa mahal?", tanya si auditor. "Gini mas," kata si pemilik (tanpa bermaksud meremehkan intelektual pembaca, lagi-lagi kutekankan, si pemilik toko bukan binatang). "Si Beo yang itu, bisa mengerjakan audit-audit yang kompleks."

"Kalo yang kanan, berapa?" tanya si auditor. "Yang itu, sepuluh juta, soalmya dia bisa mengerjakan seperti yang sebelah kiri tadi, plus dia mampu menyiapkan financial forecast."












"Wah, wah, wah ... Kalo yang di tengah?", tanya auditor yang keheranan. "Empat puluh juta". "Waw, yang ini bisa ngerjakan apa?"

"Sebenarnya mas, aku gak pernah liat dia melakukan apa-apa. Tapi yang dua lainnya manggil dia pak Senior Manager."

PS : Jangan bilang-bilang yah ... :P


1 komentar:

Anonim mengatakan...

gue suka gaya lu berekspresi....
Kembangkan dan salurkan itu pada smua orang..........